Monday, September 30, 2019

Tusuk Rangka


Pembelajaran bermakna...
Tusuk rangka

By: SOFIA INIS KURLILA, M.Pd

Pembelajaran bermakna adalah pembelajaran yg mengaitkan pengetahuan awal siswa dengan informasi yg didapat dg mengkonstruk sendiri pengetahuan yang telah didapat. Faktor penting yang mempengaruhi belajar siswa adalah apa yang telah dikuasai siswa. Pembelajaran akan lebih bermakna jika informasi baru yang akan disampaikan guru dikaitkan dengan apa yang telah dikuasai siswa.... Menurut teori belajar David Ausubel, dalam membantu siswa menanamkan pengetahuan baru dari suatu materi, sangat diperlukan konsep-konsep awal yang sudah dimiliki siswa yang berkaitan dengan pengetahuan baru yang akan dipelajari.

Dalam pembelajaran tentang mengidentifikasi serta menyebutkan bagian2 alat gerak manusia yaitu kerangka manusia. Karena keterbatasan media rangka, maka pembelajaran ini dibelajarkan dengan membuat media TUSUK RANGKA yg dibentuk seperti wayang. 

Pada kegiatan biasanya untuk menerangkan ttg rangka dan mengidentifikasinya dg menggunakan LCD n LK, namun siswa masih bosan dan sulit untuk memahami. Namun setelah dipadukan dg membuat TUSUK RANGKA siswa antusias dan mulai mengkonstruk pengetahuan baru yg didapat.
Alhasil siswa juga dg mudah mengidentifikasi dan menyebutkan bagian2 rangka dg mudah.









Untuk mengkomunikasikan hasil kerjanya, siswa rada malu2 untuk mengungkapkannya, serta dag dig dug menurut versi mereka...hahahhaha....
.

#enjoyteaching
#semangatnakkanak
#terimakasihinspirasinya @bakhrul ulum

No comments:

Post a Comment