Pembelajaran bermakna...
Tusuk rangka
By: SOFIA INIS KURLILA, M.Pd
Pembelajaran bermakna adalah pembelajaran yg mengaitkan
pengetahuan awal siswa dengan informasi yg didapat dg mengkonstruk sendiri
pengetahuan yang telah didapat. Faktor penting yang mempengaruhi belajar siswa
adalah apa yang telah dikuasai siswa. Pembelajaran akan lebih bermakna jika
informasi baru yang akan disampaikan guru dikaitkan dengan apa yang telah
dikuasai siswa.... Menurut teori belajar David Ausubel, dalam membantu siswa
menanamkan pengetahuan baru dari suatu materi, sangat diperlukan konsep-konsep
awal yang sudah dimiliki siswa yang berkaitan dengan pengetahuan baru yang akan
dipelajari.
Dalam pembelajaran tentang mengidentifikasi serta
menyebutkan bagian2 alat gerak manusia yaitu kerangka manusia. Karena
keterbatasan media rangka, maka pembelajaran ini dibelajarkan dengan membuat
media TUSUK RANGKA yg dibentuk seperti wayang.
Pada kegiatan biasanya untuk menerangkan ttg rangka dan mengidentifikasinya dg menggunakan LCD n LK, namun siswa masih bosan dan sulit untuk memahami. Namun setelah dipadukan dg membuat TUSUK RANGKA siswa antusias dan mulai mengkonstruk pengetahuan baru yg didapat.
Alhasil siswa juga dg mudah mengidentifikasi dan menyebutkan bagian2 rangka dg mudah.
Untuk mengkomunikasikan hasil kerjanya, siswa rada malu2
untuk mengungkapkannya, serta dag dig dug menurut versi mereka...hahahhaha....
.
#enjoyteaching
#semangatnakkanak
#terimakasihinspirasinya @bakhrul ulum
.
#enjoyteaching
#semangatnakkanak
#terimakasihinspirasinya @bakhrul ulum
No comments:
Post a Comment